Home » Uncategorized » Menjadi Agen Asuransi yang Sukses Itu Mudah. Ini Kiatnya!

Menjadi Agen Asuransi yang Sukses Itu Mudah. Ini Kiatnya!

menjadi agen asuransi
Credit : Puji

Di era sekarang ini banyak kok yang mau menjadi agen asuransi apalagi penawaran dari perusahaan besar mudah ditemui. Adapun yang dimaksud dengan agen asuransi adalah perwakilan dari perusahaan asuransi yang bertugas untuk menjual produk asuransi kepada masyarakat, mempromosikan produk asuransi, dan membantu nasabah dalam hal-hal yang berkaitan dengan produk asuransi yang dijual.

Agen asuransi juga bertanggung jawab untuk menerima premi asuransi dari nasabah, mengajukan klaim, dan membantu nasabah dalam hal lain yang diperlukan. Agen asuransi dapat bekerja untuk perusahaan asuransi yang berbeda-beda dan dapat bekerja sebagai agen tunggal atau agen bersama dengan perusahaan asuransi.

Kiat Menjadi Agen Asuransi yang Sukses

Untuk menjadi agen asuransi, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, diantaranya:

  • Memahami produk-produk asuransi yang ditawarkan dan cara kerjanya.
  • Memiliki sertifikat WAPERD (Wajib Asuransi Pelayanan dan Edukasi) yang diperoleh melalui pelatihan yang diadakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atau Lembaga Sertifikasi Profesi Asuransi (LSPA).
  • Melakukan registrasi sebagai agen asuransi pada perusahaan asuransi yang ingin Anda kerjakan.
  • Mempromosikan produk asuransi kepada calon nasabah dan menjalankan tugas-tugas lain sebagai agen asuransi seperti menerima premi, mengajukan klaim, dan membantu nasabah dalam hal lain yang diperlukan.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi seorang agen asuransi yang sukses:

Memahami produk-produk asuransi yang ditawarkan.

Read:  Pengacara Cyber - Profesi Hukum Kaum Milineal

Seorang agen asuransi yang sukses harus memahami seluk-beluk produk-produk asuransi yang ditawarkan, termasuk manfaat, risiko, dan cara kerjanya.

Membangun jaringan

Untuk menjadi agen asuransi maka membangun jaringan yang luas dan kuat dengan calon nasabah, rekan bisnis, dan profesional lainnya dapat membantu Anda dalam menemukan peluang-peluang baru dan menjual produk asuransi.

Menjaga kualitas layanan

Memberikan pelayanan yang baik dan membantu nasabah dalam hal-hal yang diperlukan dapat membantu Anda dalam membangun reputasi yang baik dan menjaga kepercayaan nasabah.

Membuat target penjualan

Menetapkan target penjualan yang realistis dan berusaha untuk mencapainya dapat membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas dan pendapatan.

Terus belajar

Terus belajar tentang produk-produk asuransi baru dan perkembangan pasar dapat membantu Anda dalam menjadi agen asuransi yang sukses dan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Anda dalam bidang ini.

Bekerja keras dan disiplin

Bekerja keras dan disiplin dalam menjalankan tugas-tugas sebagai agen asuransi sangat penting untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Yang Perlu Dihindari Saat Menjadi Agen Asuransi

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dihindari saat menjadi agen asuransi:

  • Menjual produk asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan nasabah. Ini dapat menyebabkan nasabah merasa kecewa dan merugikan nasabah, serta dapat merusak reputasi Anda sebagai agen asuransi.
  • Melakukan praktik tidak etis seperti menyembunyikan informasi penting atau mengelabui nasabah dapat menyebabkan Anda dikenakan sanksi atau diberhentikan dari pekerjaan sebagai agen asuransi.
  • Tidak memenuhi kewajiban pembayaran premi dapat menyebabkan polis asuransi Anda dibatalkan atau tidak berlaku, serta dapat merusak reputasi Anda sebagai agen asuransi.
  • Tidak memahami peraturan dan perundangan yang berlaku dapat menyebabkan Anda melakukan kesalahan yang dapat merugikan Anda dan nasabah.
  • Tidak menjaga komunikasi yang baik dengan nasabah dapat menyebabkan nasabah merasa tidak dihargai dan merugikan hubungan jangka panjang dengan nasabah.
  • Tidak membuat target penjualan: Tidak membuat target penjualan dapat menyebabkan kurangnya motivasi dan produktivitas dalam menjalankan tugas sebagai agen asuransi
Read:  Mengenal Kelebihan dan Kekurangan AI Pada Google Assistant

Siap untuk menjadi agen asuransi?

Scroll to Top