Home » Uncategorized » Penggunaan Teknologi AI Pada Mobil Pintar Tesla

Penggunaan Teknologi AI Pada Mobil Pintar Tesla

Penggunaan teknologi AI
Credit : Puji

Penggunaan teknologi AI di berbagai sektor ternyata memberi dampak yang luar biasa. Adapun yang dimaksud dengan AI atau Artificial Intelligence adalah program komputer yang dirancang untuk mengikuti tindakan dan pola pikir manusia.

Sekarang ini, penggunaan AI sudah merambah ke berbagai sektor seperti gadget misalnya. Kalau dulu dipakai untuk perusahaan besar namun sekarang perangkat teknologi sekarang ini sduah menggunakannya.

AI sendiri memiliki konsep yang luas dan terbagi dalam dua jenis, yaitu ANI (Artificial Narrow Intelligence) dan AGI (Artificial General Intelligence). Adapun yang dimaksud dengan ANI atau kecerdasan buatan yang terbatas yaitu satu sistem yang bisa bekerja saat semua sudah diprogram untuk melakukan suatu pekerjaan.

Sementara itu, Penggunaan teknologi AI  berupa AGI adalah kecerdasan buatan yang dapat melakukan apa yang manusia lakukan atau bahkan lebih. Untuk penerapan AI sendiri ada pada sistem komputer atau mesin dimana sistem sudah dirancang untuk bisa mengenali data.

Adapun semua data yang didapat nantinya berasal dari banyak cara. Sebut saja cara manual labeling, observing behavior, kemudian download from websites atau partnership. Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa ada tiga jenis AI yang telah terkenal.

3 Jenis AI yang Banyak Digunakan di Setiap Lini Kehidupan

Adalah Manipulation AI, Neural AI, dan Neural Networks. Untuk manipulation AI yaitu jenis yang cukup sering digunakan di dalam sebuah penelitian. Adapun AI jenis ini menggunakan simbol abstrak.

Read:  3 Hal Penyebab Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak Seperti yang Dialami Indra Bekti

Neural AI adalah jenis kecerdasan buatan yang populer sejak tahun 80-an. Yang dipresentasikan lewat pengetahuan melalui neutron buatan yang kemudian dihubungkan melalui proses belajar. Sementara itu, Neural Networks adalah jenis AI yang diatur dalam lapisan yang berkaitan dengan simulasi.

Biasanya, Penggunaan teknologi AI jenis ini digunakan dalam proses eksperimen berulang sehingga AI dapat memahami konstruksi perlakuan yang diberikan manusia terhadap teknologi canggih ini.

Penerapan Teknologi AI Pada Mobil Pintar

AI (Artificial Intelligence) digunakan dalam mobil pintar untuk membuat pengalaman berkendara lebih baik dan lebih aman. AI dapat digunakan untuk mengontrol sistem otomatisisasi seperti pengendalian suhu, audio, dan navigasi.

AI juga dapat digunakan untuk mengontrol sistem keamanan seperti deteksi jatuh tidur pengemudi dan pengenalan wajah. Beberapa mobil pintar juga menggunakan teknologi AI untuk membuat pengendalian mobil lebih otomatis, seperti fitur parkir otomatis dan kendali jarak jauh.

Salah satu penggunaan teknologi AI ada pada mobil pintar yaitu Tesla. Mobil pintar Tesla menggunakan teknologi AI yang canggih untuk meningkatkan pengalaman berkendara dan keamanan.

Beberapa fitur yang ditawarkan termasuk

  • Autopilot
    Fitur ini mengintegrasikan kamera, radar, ultrasonik, dan lidar untuk membuat pengendalian mobil lebih otomatis. Fitur ini dapat digunakan untuk mengendalikan kecepatan, jarak, dan posisi mobil secara otomatis di jalan raya.
  • Navigasi
    Tesla menawarkan navigasi 3D yang digerakkan oleh AI dan dapat memprediksi rute yang paling efisien berdasarkan data real-time.
  • Sentry Mode
    Fitur ini menggunakan kamera mobil untuk mendeteksi ancaman keamanan seperti perusakan atau percobaan pencurian dan memberi tahu pemilik mobil.
  • Tesla Arcade
    Fitur ini menawarkan game yang dapat dimainkan saat berkendara, yang dikontrol menggunakan steering wheel dan pedal gas.
  • Tesla Theater
    Fitur ini menyediakan konten hiburan seperti film dan acara televisi yang dapat dinikmati saat berkendara.
Read:  Mengenal Kelebihan dan Kekurangan AI Pada Google Assistant

Semua fitur ini diimplementasikan dengan menerapkan penggunaan teknologi AI dan berbasis pada data real-time yang dikumpulkan dari kendaraan. Tesla terus mengembangkan dan meningkatkan fitur-fiturnya untuk membuat pengalaman berkendara lebih baik dan lebih aman.

 

 

 

 

Scroll to Top